Rabu, 02 Mei 2012

hama dan penyakit pada tanaman pisang


  1. Hama yang Menyerang Tanaman Pisang
  1. Ulat Penggulung Daun (Erionata thrax L.)
Biologi dari hama ini adalah kupu-kupu dewasa betina meletakkan telur pada permukaan bawah daun pada sore atau malam hari secara berkelompok berkisar antara 3-35 butir. Stadia larva terdiri atas lima instar dan pada setiap instar terjadi penggantian kulit kepala (head capsule). Pupa berukuran 60 mm, berwarna putih dan dilapisi oleh tepung serta mempunyai belalai (proboscis) yang panjang. Siklus hama penggulung daun pisang dari telur sampai dewasa (imago) berlangsung 35-39 hari dengan temperature 27-30oC. Serangga dewasa aktif pada sore hari atau pagi hari dan memakan nectar pisang yang sedang berbunga. Seluruh siklus hidupnya terjadi di dalam gulungan daun. Makin tinggi curah hujan maka populasi hama ini makin meningkat.
Kerusakannya berupa larva yang baru menetas memakan daun pisang dengan membuat gulungan daun. Gulungan daun dibuat dengan cara memotong sebagian daun, dimulai dari pinggir daun dan sejajar dengan tulang daun utama serta direkat dengan benang-benang halus yang dikeluarkan oleh larva . jika makanan atau daun cukup tersedia maka larva dapat hidup terus sampai membentuk pupa dalam satu gulungan daun, gulungan tersebut makin lama makin membesar. Tetapi, apabila makanan kurang tersedia, larva ini dapat pindah ke bagian daun yang lain dengan membentuk gulungan daun yang baru. Bila populasi hama ini tinggi maka daun pisang dimakan habis, yang tertinggal hanyalah tulang daun yang tegak dengan gulungan-gulungan daun yang menggantung.
Pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Memangkas daun yang terserang kemudian dibakar.
  2. Menggunakan musuh alami seperti Casinaria sp. (parasitoid larva)
  3. Penyemprotan insektisida berbahan aktif Kuinalfos dan Triklorfon. Insektisida yang bersifat sistemik akan lebih efektif mengingat ulat daun ini tersembunyi dalam gulungan daun.


  1. Penggerek Bonggol (Cosmopolites sordidus Germar)
Biologi dari hama ini adalah serangga dewasa (kumbang) berwarna hitam, aktif pada malam hari dan bersembunyi di dalam dan di sekitar bonggol pisang atau di antara pelepah batang semu pisang. Serangga dewasa berukuran 12 mm dan dapat hidup 1-3 tahun, akan tetapi produksi telur relative sedikit yaitu 1-3 butir per minggu (Gold et al., 1993 cit Purnomo, 1996). Kebanyakan telur diletakkan pada tanaman pisang terutama dekat pelepah dan dasar batang semu kira-kira 5 cm di bawah permukaan tanah. Stadia telur berlangsung kira-kira satu minggu, larva masuk ke dalam bonggol pisang dengan cara membuat terowongan menuju bonggol pisang. Panjang larva bisa mencapai 14 mm, stadia larva berlangsung 14-21 hari. Pupa berwarna putih dengan panjang 12 mm, masa pupa berlangsung di dalam lubang gerekan berkisar 5-7 hari. Siklus hidup hama ini dari telur hingga dewasa berlangsung 1-2 bulan.
Kerusakan yang ditimbulkan berupa larvanya membuat terowongan pada bonggol pisang yang merupakan tempat masuknya patogen penyebab penyakit lain seperti Fusarium sehingga menyebabkan kerusakan dan busuknya jaringan bonggol pisang. Pada serangan berat, bonggol pisang dipenuhi lubang gerekan yang kemudian menghitam dan membusuk. Kerusakan yang diakibatkan oleh hama ini menyebabkan tanaman muda mati, lemahnya sistem perakaran dan transportasi makanan terhenti. Gejala serangan terlihat daun menguning dan ukuran tandan berkurang sehingga produksi menurun.
Pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Tanam bibit yang bebas dari hama penggerek bonggol.
  2. Sanitasi lingkungan dengan membersihkan sisa-sisa batang dan bonggol yang telah ditebang, kemudian dibakar.
  3. Menangkap kumbang dewasa dengan perangkap yang terbuat dari bonggol dan batang pisang, kemudian serangga dikumpulkan dan dimusnahkan.
  4. Menggunakan musuh alami seperti Beauveria bassiana Balsamo.
  5. Insektisida berbahan aktif karbofuran, monokrotofos.


  1. Penggerek batang (Odoiporus longicolis (Oliv)
Biologi dari hama ini adalah kumbang ini mudah dikenal karena moncongnya yang panjang (snout). Bentuk prothoraxnya agak pipih berukuran 16 mm. kumbang ini tersebar di seluruh Asia Tenggara. Telur diletakkan pada pelepah pisang, kemudian apabila telur telah menetas, larva akan menggerek batang pisang bagian atas. Pupa akan membentuk cocon pada batang tanaman. Serangga dewasa dapat terbang secara aktif pada siang hari dan tertarik pada sisa batang tanaman yang telah dipanen.
Kerusakan akibat hama ini ditandai dengan adanya lubang di sepanjang batang semu. Pada serangan berat, batang semu menjadi terbelah dan mengeluarkan lender (blendok). Akibatnya batang semu menjadi patah dan akhirnya tanaman mati.
Pengendalian dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Sanitasi kebun.
  2. Menggunakan musuh alami Plaesius javanicus.
  3. Penggunaan insektisida berbahan aktif Carbofuran.


  1. Thrips (Chaetanaphotrips signipennis)
Hama thrips mempunyai panjang tubuh antara 1,2-1,7 mm. serangga ini mempunyai sepasang sayap. Sayap berwarna kuning dengan dasar hitam. Serangga ini berkembang biak dengan cara bertelur, telur diletakkan secara berkelompok di dalam jaringan tanaman seperti batang dan kadang-kadang pada tandan buah. Telur berbentuk oval dan berwarna putih kemudian menetas menjadi nimfa berwarna putih kekuning-kuningan. Pada stadia nimfa thrips ini dapat bergerak aktif dan berpindah dari satu tanaman ke tanaman lain. Nimfa mempunyai beberapa stadia sebelum berubah menjadi dewasa (imago). Imago berwarna kuning dengan sayap dasar berwarna hitam. Siklus hidup hama ini antara 35-40 hari.
Kerusakan yang ditimbulkan berupa kulit buah pisang menjadi rusak dengan bintik-bintik coklat kemerahan dan keras. Hama ini menyerang bunga dan buah muda, akibatnya terdapat bintik-bintik dan goresan pada kulit buah yang telah tua.
Pengendalian dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Membungkus tandan buah sebelumbunga mekar.
  2. Menggunakan insektisida berbahan aktif monocrotophos.

  1. Burik pada buah (Nacolea octasema Meyr.)
Biologinya adalah hama ini dikenal hama scab (kudis/burik) pada buah pisang. Hama ini termasuk golongan kupu-kupu (Lepidoptera; Pyralidae). Kupu-kupu betina meletakkan telur dekat daun bendera secara berkelompok pada saat bunga pisang masih muda (belum mekar). Jumlah telur tiap kelompok sekitar 15 butir. Larva terdiri dari 5 instar, larva berkembang dari instar 1 sampai instar 5 hingga menjadi pupa membutuhkan waktu selama 16-26 hari. Di dalam satu tandan pisang ditemukan lebih dari 70 larva hama ini. Pupa terbentuk pada lapisan pisang yang sudah tua (masak). Hama dewasa (kupu-kupu) aktif pada malam hari dan lama hidup sekitar 4 hari.
Kerusakan yang disebabkan oleh serangan hama ini berupa perkembangan buah menjadi terhambat, menimbulkan kudis pada buah sehingga menurunkan kualitas buah. Hama ini meletakkan telurnya diantara pelepah bunga segera setelah bunga muncul dari tanaman pisang. Hama langsung menggerek pelepah bunga dan bakal buah, terutama saat buah masih dilindungi oleh pelepah buah.
Pengendaliannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Membungkus tandan buah saat bunga akan mekar.
  2. Penggunaan insektisida.
  3. Penggunaan musuh alami seperti parasitoid Argyrophylae sp. (Tachinidae).
B. Penyakit yang Menyerang Tanaman Pisang
1. Penyakit Layu Fusarium (Penyakit Panama)
Biologinya adalah penyakit ini sering disebut penyakit Panama, disebabkan oleh Fusarium oxysporum. Penularan penyakit ini melalui bibit, tanah air, pupuk kandang atau alat-alat pertanian. Klamidospora dari jamur ini biasanya berada di dalam jaringan yang membusuk atau di dalam tanah dan akan terangsang berkecambah bila terdapat perakaran tanaman pisang. Setelah berkecambah, miselium akan menghasilkan konidia dalam waktu 6-8 jam, sedangkan klamidospora terbentuk dalam waktu 2-3 hari. Jamur Fusarium ini tidak dapat menginfeksi tanaman secara langsung, kecuali melalui luka atau dimasukkan ke dalam jaringan. Di dalam jaringan pembuluh tanaman jamur tumbuh dan masuk ke dalam jaringan parenchim yang berdekatan dan menghasilkan sejumlah besar konidia dan klamidospora. Konidia ini dapat berkembang menjadi klamidospora yang dapat kembali masuk ke dalam tanah ketika jaringan yang terinfeksi ini mati dan membusuk. Klamidospora ini tetap hidup dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama di dalam tanah. Siklus penyakit akan berulang bila klamidospora ini berkecambah dan tumbuh kembali, baik sebagai saprofit maupun menyerang tanaman inang.
Gejala awal adalah menguningnya daun-daun yang masih tegak (tipe Inodoratum). Penguningan daun mulai dari tepi-tepi daun kemudian merambat ke bagian tengah daun yang akhirnya seluruh permukaan daun menguning dan layu, kadangkala patah pada bagian pangkal pelepah daun. Jika serangan penyakit layu Fusarium ini lebih serius maka apabila bonggol tanaman pisang yang sakit dibelah membujur maka akan tampak berkas-berkas berwarna coklat merah kehitam-hitaman yang menuju kesegala arah. Apabila bonggol pisang yang sakit itu dibongkar akan tampak sebagian besar leher akar membusuk dan berwarna kehitam-hitaman. Lamanya waktu saat terjadinya infeksi penyakit sampai munculnya gejala penyakit berlangsung kurang lebih 2 bulan.
Pencegahan penularan dapat dilakukan dengan:
  1. Membongkar dan membakar tanaman yang terserang sekurang-kurangnya dalam radius 10 m dari tanaman yang sakit dan siram tanah bekas tanaman pisang tersebut dengan fungisida.
  2. Lakukan penggenangan dan pergiliran tanaman.
  3. Menanam varietas tahan terhadap penyakit layu Fusarium.
  4. Jangan menanam bonggol, anakan atau bibit dan membawa tanah dari daerah yang sudah terinfeksi penyakit layu Fusarium.
  5. Gunakan bibit bebas penyakit (hasil kultur jaringan).
  6. Alat-alat pertanian yang digunakan selalu dicuci dengan fungisida.
  7. Pemanfaatan musuh alami seperti Trichoderma atau Glicocladium.


2. Penyakit Layu Bakteri (Penyakit Moko)
Penyakit layu ini disebabkan oleh bakteri Pseudomonas Solaracearumn ras 2. Penularan penyakit melalui bibit, tanah, air irigasi, alat-alat pertanian atau serangga penular (vector).
Gejalanya yaitu terjadinya penguningan daun yang dimulai pada bagian tengah daun, dekat pelepah daun. Penguningan daun ini diikuti dengan layunya daun tersebut. Hal ini terjadi apabila daun tersebut telah membuka. Gejala spesifik adalah terdapatnya lendir bakteri yang berbau, berwarna putih abu-abu sampai coklat kemerahan keluar dari potongan buah atau bonggol, tangkai buah, tangkai tandan dan batang. Hasil inokulasi penyakit pada tanaman dewasa menunjukkan bahwa munculnya gejala penyakit antara 6 minggu sampai 3 bulan atau lebih.
Pengendalian atau pencegahanyang dianjurkan adalah:
  1. Melarang perpindahan bibit/tanaman beserta tanahnya dari daerah endemik.
  2. Penanaman bibit pisang sehat/bebas penyakit.
  3. Pembungkusan buah beberapa saat setelah jantung keluar.
  4. Sterilkan alat-alat yang dipakai dengan menggunakan formalin 30%.
  5. Perbaikan drainase kebun.
  6. Fumigasi tanah bekas tanaman yang terserang dengan Methyl Bromide (secara injeksi).
  7. Pemusnahan tanaman sakit dengan menggunakan 5 – 20 ml larutan herbisida glyphosate 5% atau 2,4-D 2,25%.
  8. Melakukan rotasi tanaman misalnya dengan menggunakan family graminae seperti sorgum, padi, jagung, rumput gajah dan lain sebagainya untuk memotong siklus patogen di dalam tanah selama sekitar satu tahun.
  9. Membongkar dan membakar tanaman yang terserang pada radius sekitar 2,5 m dari tempat terjadinya infeksi penyakit.


3. Bercak Daun (Sigatoka)
Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Mycosphaerella musicola Mulder. Penyakit Sigatoka mulai menyerang tanaman pisang sekitar umur 3 bulan setelah tanam yang makin lama makin meningkat intensitas serangan penyakit. Setelah jantung keluar seluruh daun dapat terserang penyakit. Factor iklim terutama curah hujan, embun, dan suhu berpengaruh terhadap produksi dan gerakan serta penyebaran inokulum penyakit.
Gejalanya mula-mula timbul bercak-bercak kecil pada daun pisang yang berwarna kuning pucat atau berupa garis-garis yang berwarna kuning kehijauan dengan panjang 1,0-10 mm dan lebar 0,5-1,0 mm sejajar dengan tulang-tulang daun. Bercak atau garis-garis ini makin lama makin membesar dan memanjang sehingga terbentuk bercak-bercak yang berbentuk bulat telur atau elip berwarna coklat, dan akhirnya seluruh permukaan dapat terinfeksi. Permukaan daun yang terinfeksi ini menjadi kering, berwarna coklat, dan akhirnya mati. Pusat bercak seringkali mongering dan berwarna abu-abu terang. Bercak-bercak ini pada tanaman pisang yang masih muda akan lebih lebar dan lebih membulat bentuknya dibandingkan bercak pada tanaman pisang yang lebih tua.
Pencegahan dan pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Pemupukan yang tepat
  2. Sanitasi sumber infeksi dengan memotong dan membakar daun-daun mati/sakit.
  3. Perbaikan drainase, penyiangan gulma, mengurangi jumlah anakan yang ada, dan jarak tanam yang tepat.
  4. Mencegah dan melarang mobilisasi buah dan bahan tanaman dari tempat atau daerah yang terinfestasi penyakit Sigatoka ke daerah lain yang masih bebas.
  5. Menanam kultivar pisang yang tahan Sigatoka.
  6. Menggunakan fungisida sistemik.


4. Penyakit Kerdil Pisang (Banana Bunchy Top Virus= BBTV)
Penyakit ini disebabkan oleh virus. Penularannya melalui kutu daun Aphids (Pentalonia negronervosa Coq). Kutu daun yang pindah dari tanaman yang terinfeksi oleh penyakit kerdil dapat mempertahankan kemampuan menginfeksinya sekurang-kurangnya selama 84 jam. Penularan melalui vector ini dapat mencapai jarak sejauh 86 m dari sumber infeksi.
Gejalanya adalah pemendekan ruas daun dengan daun-daun yang menyempit, tegak, pendek, dan secara berangsur , daun menguning sepanjang tepi memendek. Pada bagian tepi daun seringkali menggulung ke atas dan menampakkan penguningan. Garis-garis hijau gelap seringkali dijumpai pada ibu tulang daun dan tangkai daun, dan meluas ke bawah kea rah psudostem, yang tampak sangat jelas bila lapisan lilin digosok terlebih dahulu. Gejala yang lebih spesifik adalah adanya bercak-bercak hijau gelap pendek dan bergaris sepanjang tulang daun minor yang membentuk garis-garis sepanjang tepi ibu tulang daun. Gejala ini tampak sangat jelas apabila dilihat dari sisi bawah daun, menghadap ke arah cahaya.
Pengendalian dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Menanam bibit yang sehat.
  2. Sanitasi kebun dengan membersihkan tanaman inang seperti Abaca (Musa textiles), Heliconia spp dan Canna spp, pembongkaran rumpun sakit, lalu dipotong kecil-kecil agar tidak ada tunas yang hidup.
  3. Potong tanaman yang terserang dan kubur dalam tanah.
  4. Mengendalikan vector BBTV.
  5. Menggunakan insektisida sistemik untuk mengendalikan vektor terutama di persemaian.

  1. Nematoda Parasit Akar Pisang
Biologinya berupa telur menetas menjadi larva yang bentuk dan strukturnya sama dengan yang dewasa. Larva berkembang dengan melakukan pergantian kulit pada setiap akhir fase. Semua jenis nematode mempunyai empat fase larva, pada fase ini nematode sangat aktif menginfeksi akar. Pada pergantian kulit terakhir maka dapat diketahui jenis nematode jantan dan betina. Nematode jantan ditandai dengan adanya spicula. Sedangkan nematode betina mempunyai vulva dan dapat menghasilkan telur yang vertil setelah mengadakan perkawinan dengan nematode jantan atau dengan cara parthenogenesis. Apabila kondisi menguntungkan untuk hidup maka siklus hidup bisa mencapai 3-4 minggu. Contoh nematode yang umum menyerang akar tanaman pisang adalah nematode Radopholus similis Cobb, beberapa spesies Pratylenchus sp., Helicotylenchus multicinctus Cobb, dan nematode bengkak akar Meloidogyne spp.
Gejala kerusakan yang disebabkan oleh masing-masing jenis nematode sulit dibedakan di lapangan karena serangan nematode parasit akar pisang ditandai dengan serangan serentak oleh beberapa jenis nematode sehingga kerusakan akar lebih cepat. Pada umumnya nematode masuk melalui ujung akar, tetapi R. similis dapat masuk melalui semua permukaan akar dan pindah ke akar yang terinfeksi menuju bonggol pisang sehingga menyebabkan luka berwarna hitam yang menyebar ke permukaan bonggol. Luka yang disebabkan H. multicinctus pada umumnya terbatas pada sel luar dari cortek akar dan menyebabkan luka nekrosis yang kecil. Pratylenchus sp. Masuk ke dalam jaringan akar tanaman dan menimbulkan luka nekrosis bewarna kemerah-merahan. Sedangkan kerusakan yang disebabkan oleh Meloidogyne spp. Ditandai dengan adanya pembengkakan jaringan akar. Luka pada akar dan bonggol yang disebabkan oleh nematode parasit merupakan tempat masuknya pathogen lain seperti Fusarium oxysporum f.sp. cubens.
Pengendalian dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Rotasi tanaman.
  2. Penggenangan selama beberapa bulan, hal ini tergantung dari toleransi masing-masing nematode terhadap keadaan aerob.
  3. Penggunaan varietas yang resisten.
  4. Perlakuan dengan panas. Ada 2 cara, yaitu 1) menaikkan suhu tanah sampai 50oC minimum selama 30 menit dengan uap panas atau air panas dan 2) pencelupan bonggol anakan yang telah dibersihkan ke dalam air panas (50oC) selama beberapa menit.
  5. Penggunaan nematisida.

4 komentar:

  1. orang tua sya ptani pisang ambon didaerah lampung, blakangan ini banyak pisang terkena penyakit...stelahku bca2 artikel diatas spertinya layu fosarium penyebabnya....
    sya mau tanya mrek fungisida yang cocok untuk daerah pegunungan apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Yang dimaksud insektisida untuk mengendalikan burik pada buah apa contohnya ?

    Tks n salam
    Mur

    BalasHapus
  3. Halo,
    Saya Ny. Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau Anda perlu pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih banyak karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan penerima dan akan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (oliviadaniel93@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status Perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) nomor WhatsApp:
    8) Nomor Telepon:
    9) Penghasilan bulanan:
    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    11) Durasi Pinjaman:
    12) Tujuan Pinjaman:
    13) Tanggal lahir:

    Terima kasih.

    BalasHapus